KURIKULUM

Kurikulum

Kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada kurikulum Diknas dan Depag sebagai materi minimal yang diintegrasikan ke dalam nilai-nilai Islam. Selain itu, diberikan pula kurikulum khusus sebagai nilai tambah atau keunggulan MI Asih Putera, yaitu:Pendidikan Agama

Membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro (bagi pemula), murottal, tilawah serta pemahaman makna (Tarjamah lafhziyah) dan tafsir;

Menulis (tahsinul khot), yang terdiri dari menulis lepas dan menulis sambung, imla, khot dan kaligrafi.
Tahfizh yang terdiri dari menghafal Al-Qur’an , hadist dan doa.

Pendidikan Teknologi Dasar (PTD)

MI Asih Putera merupakan satu-satunya MI yang menjadi pilot project Pendidikan : Teknologi Dasar (PTD) dari 40 SD se-Indonesia, sebagai bentuk kerjasama antara Direktorat TK-SD, TEDC, dengan pemerintah Belanda.

Tujuan dari program pendidikan ini adalah membelajarkan siswa untuk mampu berfikir kritis, sistematis, dan analitis dalam rangka menghadapi sebuah permasalahan kehidupan sehari-hari melalui solusi ilmu pengetahuan dan teknologi.

PTD merupakan salah satu pengembangan kecakapan hidup (life skill), yang menumbuhkembangkan sikap kerjasama dan ketrampilan berpikir secara profesional. Kegiatan PTD dilakukan di bengkel kerja (workshop) dan laboratorium khusus PTD.

Tafaqquh Fiddin

Tafaqquh Fiddin terdiri dari aqidah Ahlak, fiqih, Al-Qur’an dan Hadist dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Bahasa Asing

Pendidikan Bahasa Asing  terdiri dari Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang diperlukan sebagai sarana bagi siswa untuk berkomunikasi dalam alam globalisasi dewasa ini.

Komputer

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) reguler untuk kelas 1-6, dimana komputer sebagai media pembelajaran aktif untuk semua mata pelajaran.